Halaman

Sabtu, 28 September 2013

PRACTICAL LIVE : MENGGERUS KULIT TELUR


Aisha  4 tahun

Bismillah...

Alhamdulillah, hari ini Aisha diajak main giling-gilingan atau mengerus ma bunda, bahan yang digerus adalah pecahan kulit telur. Ide kegiatan ini bunda dapat dari Tot School

Bahan-bahan yang akan digunakan :

  • Kulit telur habis pakai yang sudah dicuci dan dikeringkan
  • Mangkuk buat gerus dan penggerusnya (bunda pakai mangkuk yang biasa dipakai untuk menggerus obat)
  • Piring kecil tatakan cangkir
  • sendok kecil

Pertama-tama bunda memberi contoh kepada Aisha, bunda meremas kulit telur menjadi pecahan2 kecil kemudian memasukkan pecahan2 kulit telur ke dalam mangkuk penggerus, lalu bunda gerus sampai menjadi halus, setelah halus sendokkan hasil nya ke piring kecil. Selesai mendemonstrasi, sekarang giliran Aisha yang mempraktekan.


Wahhh.... Aisha senang dan serius sekali menggerus kulit telurnya, kalo dilihat sama persis seperti sedang mengulek ^^ . Kalau pecahan telurnya sudah mulai menyebar, aisha mengoyangkan mangkuk nya supaya pecahan telurnya berkumpul di tengah mangkuk.


Ini hasil sementara gerusan Aisha, ia menolak untuk berhenti menggerus, katanya : "belum selesai bun... aku masih mau, ini belum halus".


Aisha benar2 menikmati kegiatannya ini, hingga ia tahan berlama-lama menggerus... bahkan sampai diangkat dan dipegangnya sendiri mangkuk penggerusnya.


"Bunda... ini hasil ulekkan ku, di photo yaa bun". Kata Aisha....  Hehehe, nggak sadar lama juga ia bermain dengan kegiatan ini, selesai2 baru terasa kalau ia mengantuk, tapi ditahan-tahannya.


Abang Fayyash dan dek Zhafran pun ikut bermain-main dengan kulit telur. Dek Zhafran  mengambil kulit telur, dia lihat dan perhatikan, kemudian ia meremas kulit telurnya,  bahkan sesekali ia menjulurkan lidahnya untuk mencoba si kulit telur ^^

Wow... serunya bermain hari ini walaupun hanya dengan kulit telur, Tapi.....  berantakannyaaaa...... wuuuusssss, saatnya bersih2.... (tata tertib yang selalu bunda ingatkan setelah bermain)

Aisha bertugas merapikan dan mengembalikan alat2 yang dipakai kembali ke dapur, bang Fayyash bertugas menyapu serpihan2 dan sampah2 sisa bermain, bunda sedikit merapikan yang sudah dikerjakan anak2.

Kuncinya : Semua boleh, kecuali yang tidak boleh

Happy homeschooling  ^^


1 komentar:

  1. Bun... Kegiatan ini dilakukan hanya sekali atau sering bun...?

    BalasHapus