Halaman

Senin, 08 Februari 2016

Belajar Bersama Orang Tua Kuttab Assakinah - Permukaan Bumi

Nama santri : Aiesha Ainun Mahya
Level           : Kuttab Awal 1 A
Guru Kelas  : Umi Syifa
                     Abah Dona

A. Ringkasan Materi :

Permukaan Bumi
  • Mengajak anak berdialog tentang dimana kita tinggal, bahwa kita tinggal di planet bumi (sambil mengenalkan nama planet-planet yang lain, Jupiter, Merkurius, Venus, Mars, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto).
  • Menyampaikan kepada anak planet yang terbesar adalah Jupiter dan planet terkecil adalah Pluto.
  • Orang tua mengajak anak menghafal dan melancarkan ayat yang bercerita tentang bumi.
QS. An-Naba’ : 6

 أَلَمْ نَجْعَلِ الأَرْضَ مِهَادًا

Bukankah kami telah menjadikan bumi ini sebagai hamparan?”

  • Permukaan bumi secara umum ada dua yaitu daratan (gunung) dan perairan (laut dan sungai).
  • Bumi itu bulat (lihat surah An-Nazi’at : 30, “Setelah itu bumi Dia hamparkan (dahaha).”). Ayat ini mengisyaratkan bahwa bumi itu bulat. Kata daha mempunyai kata turunan dahiyyah yang berarti telur burung unta. Artinya, ini menunjukkan bentuk bumi yang bukan bulat sempurna (lihat Buku Pintar Sains dalam Al-Qur’an, Dr. Nadiah Thayyarah).
  • Bumi itu berputar pada porosnya (rotasi) (lihat surah Al-Anbiya’ : 33). Ayat ini mengisyaratkan bumi itu berputar pada porosnya ehingga terjadilah siang dan malam. Allah menjadikan bumi bergerak tetapi tetap bisa didiami dengan aman dan nyaman. (seraya memuji Allah).
  • Bumi memiliki gaya tarik (gravitasi) (lihat QS. Mursalat : 25-26). Kata kifaata diambil dari kata dasar kafata, yakfutu, kaftan yang berarti menarik, menghimpun dan mengumpulkan. Seandainya tidak ada gaya gravitassi maka akan terjadi banyak kekacauan di ata permukaan bumi, tubuh manusia tidak akan lagi memiliki berat. Ia akan terbang melayang-layang ke angkasa tanpa kembali lagi ke permukaan bumi. Air laut/sungai akan tumpah. (sambil memuji Allah).
  •  
Permukaan bumi daratan

1. Gunung
1.1. Fungsi gunung (sebagai pasak/pengokoh bumi)


وَالجِبَالَ أَوْتَادًا

dan gunung-gunung sebagai pasak.” ( QS. An-Naba’ : 7 )

  • Mengajak anak berdialog tentang gunung (pernah melihat gunung?, untuk apa Allah ciptakan gunung? Dll. Silahkan dikembangkan).
  • Ternyata Allah ciptakan gunung tidak dengan sia-sia, gunung Allah ciptakan sebagai pasak (pengokoh) bumi yang angat besar manfaatnya, seandainya gunung tidak ada maka bumi ini akan bergoncang.
  • Selain gunung menjulang tinggi ke langit ternyata gunung itu memiliki akar yang menghunjam ke dalam tanah. Itulah yang menjadikan bumi kokoh. Ibarat kita bikin tenda, supaya tendanya tidak roboh dan mudah dihantam angin maka kita akan tancapkan pasak. Sedangkan gunung mencengkeram bumi supaya tidak mudah berguncang.
وَالجِبَالَ أَرْسَاهَا

Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh”  (QS. An-Naziat : 32)

  • Tadabur hadits, “ Dari Anas bin Malik dari Nabi Sallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, setelah Allah menciptakan bumi, bumi itu berguncang. Lalu Allah ciptakan gunung-gunung dan berfirman kepada gunung. “jadilah dan menetaplah di atasnya”, lalu bumi pun menjadi tenang. Para malaikat takjub dengan kehebatan gunung dan berkata, “Ya Allah, apakah ada di antara makhluk Mu yang lebih hebat daripada gunung?. Allah menjawab.” Ada, yaitu api”. Malaikat bertanya lagi, “ Apakah ada di antara makhluk Mu yang lebih hebat dari api?”, Allah menjawab, “ada, yaitu air.” Malaikat kembali bertanya, adalah yang lebih hebat dari air?. Allah menjawab, ada, yaitu angin. Malaikat kembali bertanya, apakah ada di antara makhluk Mu yang lebih hebat dari angin? Allah menjawab, ada, yaitu anak keturunan Adam (manusia) yang memberikan sedekah dengan tangan kanannya, sedangkan tangan kirinya tidak mengetahui. (HR. Tirmizi dan Ahmad bin Hanbal).
  • Kalimat yang ditebalkan makudnya ikhlas. Menanamkan karakter ikhlas kepada anak. Ikhlas adalah melaksanakan sesuatu karena Allah bukan karena mengharapkan pujian manusia. Pekerjaan yang dilakukan karena mengharapkan pujian manusia akan sia-sia (tidak mendapat pahala). Hadits diatas menjelaskan jangankan orang lain tangan kiri pun tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanan, begitulah sebaiknya dalam beramal, tidak boleh pamer (ria).
B. Murofaqat

  • IPS
  1. Puncak gunung yang tertinggi di dunia adalah puncak Everest yang terdapat di pegunungan Himalaya.
  • Siroh (gunung Uhud --> mengisahkan tentang perang Uhud).
  • Sains (mengenal nama-nama planet).
  • Matematika --->  Menulis angka 1 - 15
  • Bahasa Indonesia ---> membaca terjemahan dan menulis terjemahan ayat-ayat
  • Bahasa Arab ---> Gunung : Jabalun, Gunung-gunung : jibaalun, Bumi : ardhun

C. Hafalan Qur’an

  • Secara umum hafalan anak sampai surat al-Humazah ayat 4, ayah dan bunda mengulang dan melancarkan surat al-Humazah dan surat-surat sebelumnya.
D. Catatan Guru

1. Ayah dan bunda bisa membantu ananda untuk mengulang hafalan dalil-dalil tentang permukaan bumi dan fungsi gunung beserta terjemahannya.
2. Ayah dan bunda bisa membantu ananda untuk mengulang-ulang hafalan bahasa Arab tentang gunung baik tunggal maupun jamak (gunung-gunung).
3. Ayah dan bbunda bisa membantu ananda latihan menulis.
4. Ayah dan bunda diminta untuk menuliskan laporan di kolom E terkait tugas-tuga yang diberikan (apakah sudah dijalankan atau belum/ada kendala, beri komentar) dan dimohon untuk mengembalikan lembar BBO ini pada hari Rabu, 27 Januari 2016.

E. Catatan Orang Tua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar