Halaman

Selasa, 02 April 2013

Aku Bisa Masak - Bola-bola Cilok!


Bismillah...

Alhamdulillah... hari ini Fayyash dan Aisha berekplorasi kembali di dapur,kali ini menu nya Bola-bola Cilok.

Ide membuat resep ini bunda dapat dari wall FB nya ibu Dessy Rillia. Wah... seru sekali 2 krucilku bereksplorasi di dapur, bermain-main dengan tepung, membentuk adonan tepung menjadi bulat-bulat kemudian mengisinya dengan telur puyuh yang sudah direbus dan bakso yang sudah dipotong menjadi 6 bagian... hehehe pasti mikirnya ribet deh kalo masak bareng ma anak2, tapi jamin 100% (itu kalo saya lho :) ) kalo diniatkan untuk proses pembelajaran mereka dan bersenang2 ma anak2.... wah nggak ada tuh istilah ribet dan ngerepotin, malah yang ada kita Fun dan ketawa ketiwi sambil terus transfer pengetahuan.

Bermacam-macam pembelajaran yang bisa kita transfer ke anak2, seperti contohnya pembelajaran mengenai kebersihan. Dalam mempersiapkan bahan2 yang akan dipakai untuk memasak, jangan lupa untuk mencuci bahan (misal dalam resep ini, bakso,daun bawang dan seledri) sebelum dipotong2, setelah selesai memasak... nah ajarkan anak untuk membantu merapikan misal dengan membuang sampah, menyapu kotoran dan mengelap wadah dan piring bekas dipakai.

Pembelajaran lainnya adalah mengenai matematika, misal saat membuat bulatan2 cilok...anak2 diminta menghitung berapa buah cilok yang sudah ia buat, contoh lainnya mengenai ukuran besar dan kecil... seperti pada Fayyash dan Aisha, saat membuat bola2 cilok... Fayyash membuatnya dalam bentuk bola2 besar sedang Aisha membuatnya bola2 kecil... anak2 bisa dikenalkan dengan konsep besar kecil. Pembelajaran motorik halusnya juga bisa lho... Aisha membantu memotong2 daun bawang dan seledri dengan cara digunting, selain itu mereka juga ikut menguleni adonan dan membentuk adonan menjadi bola2.

Science nya ... dapat juga! Fayyash ma Aisha tahu pada saat tepung sagu dicampur dengan air panas...wah lengketnya saat dipegang tapi ketika dicampur dengan tepung terigu lengketnya berkurang dan adonannya jadi lebih mudah dibentuk, saat dipegang ternyata ada bedanya juga lho tepung terigu dengan tepung sagu, kalo sagu agak2 keset gitu.... langsung 2 krucilku membanding2 kan kedua tepung tsb, kemudian saat merebus bola2 cilok... Fayyash lihat sebelum matang bola2 ciloknya tenggelam didalam air tapi setelah matang mereka mengapung.... timbul deh pertanyaan, kenapa kalo matang bola2 nya mengapung bunda? Nah... bisa nih disenggol dikit ajha soal berat jenis dan reaksi benda yang memuai (hehehe untuk kasus ini, bundanya harus buka buku contekan dulu).

Bahasa.... banyak kosa kata dan mengenal benda2 baru yang mereka peroleh, jadi tau tepung terigu, tepung sagu, bawang goreng, telur puyuh dan banyak lagi, kenalkan juga dalam bahasa Inggris. Banyak kan manfaat dari memasak bersama anak2 ... mereka pun excited sekali bila sudah diajak memasak.

Oh ya, berikut resep bola-bola cilok yang bunda buat dengan anak2, sumber Dessy Rillia @ FB

Bahan :

200 gr tepung sagu 100 gr tepung terigu
1 buah bawang putih dihaluskan
2 btg daun bawang iris halus
1 btg seledri iris halus
bawang goreng secukupnya
garam secukupnya
kaldu bubuk kalau suka
air panas secukupnya

Cara membuat :
aduk sagu dengan air panas lalu masukkan semua bahan (kecuali telur puyuh dan bakso) hingga kalis.
lalu siapkan air panas dalam panci.
bentuk bulat adonannnya. jangan lupa tengahnya diberi potongan telur puyuh dan bakso yang sudah dipotong2. langsung dimasukkan ke dalam air panas. lakukan hingga adonan habis.
setelah itu panaskan panci, rebus bola-bola cilok tsb hingga matang.

untuk bumbu kacangnya;
kacang tanah goreng, bawang putih dan cabe dihaluskan. tambahkan sedikit air, kecap, gula dan garam secukupnya. biar lebih mantap tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.

Berikut beberapa momen yang berhasil bunda abadikan...

Aisha dengan serunya bermain tepung... eh bikin bola-bola cilok ^^

Serunya Fayyash memasak.... ^^

Nah ini dia hasil penampakan bola-bola ciloknya setelah digoreng... :)

Happy Homeschooling... ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar