Halaman

Kamis, 23 Oktober 2014

Percobaan Membuat Awan dalam Botol

Bismillah....

Assalamu'alaikum, insyaAllah minggu ini bunda mulai berbenah lagi membuat lesson plan 'bermain sains' buat anak-anak... soalnya Fayyash suka sekali melakukan percobaan-percobaan sains. Nah... minggu ini jadwal nya kami bermain sains  'Membuat Awan dalam Botol'  dan  'Memasukkan Telur dalam Botol' ... hehehe dua-duanya memakai botol.

Nah, hari senin kemarin Alhamdulillah, Fayyash dan Aisha berkesempatan bermain sains membuat awan dalam botol. Tujuan dari percobaan ini menumbuhkan minat dan ketertarikan mereka bahwa sains itu asyik dan menyenangkan... fokuskan pada bermainnya bukan pada penjelasan ilmiahnya. Bila mereka sudah tertarik maka akan banyak diskusi yang mengalir sesudahnya, insyaAllah.

Biasanya sebelum bermain, bunda sudah siap tempur dengan modal ensiklopedia yang berkaitan dengan percobaan hari itu atau kalo memang belum punya, siap-siap mencari jawaban bersama anak-anak searching di google.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat awan dalam botol?
  1. Botol plastik dengan tutup botolnya ukuran 1 L  (kalau kami botol kecil, karena kebetulan itu yang sudah ada di rumah ).
  2. Air hangat
  3. Korek api
Pertama-tama masukkan air hangat ke dalam botol sampai cukup menutupi bawah botolnya saja.

Kemudian nyalakan 1 buah korek api, biarkan terbakar beberapa saat, tiup dan cepat masukkan dalam botol. Biarkan asap dari korek api yang terbakar tadi memenuhi botol, tunggu sebentar lalu tutup botol dengan rapat.

Kocok-kocok botol 6 sampai 7 kali, tekan botol beberapa detik lalu lepaskan. Saat melepaskan tekanan pada botol akan terlihat bentuk serupa asap, yaa... itulah awan. Lebih jelasnya lagi, buka tutup botol kemudian tekan-lepas botol maka akan terlihat seperti asap atau awan yang keluar dari dalam botol.

Huaaa... kok bisa yaaa???

Air hangat yang dimasukkan dalam botol di awal percobaan menguap menjadi uap air. Walaupun tak nampak, uap air-uap air ini ada dalam botol. Saat botol ditekan lalu dilepaskan, suhu didalam botol mendingin. Proses pendinginan ini menyebabkan uap air saling menempel membentuk titik-titik air kecil, titik-titik air kecil yang berkumpul inilah yang membentuk awan.

Sayang.... sulit mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan Fayyash di percobaan ini, karena hasil foto yang tidak bisa menangkap gambaran awan dalam botol ataupun saat keluar botol. 

Tapi... Alhamdulillah, bunda ada juga membuat video berupa presentasi Fayyash melakukan percobaan ini. Wiii... senangnya bunda... Fayyash sudah mulai berani dan mau membuat presentasi videonya.    

Two thumbs up for you Fayyash... ^^

Ini dia video presentasi Fayyash....


Happy Homeschooling ...  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar